Sri Mulyani soal Krisis di Era Covid-19: Kita Bisa Bertahan (test post)

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Keuangan Sri Mulyani optimistis Indonesia dapat keluar dari krisis akibat pandemi covid-19 dan menjadi negara yang lebih kuat

Menurut dia, Indonesia telah berhasil melalui berbagai macam krisis dan bertahan hingga sekarang, mulai dari krisis di awal kemerdekaan, krisis finansial Asia 1997-1998 silam hingga krisis keuangan global 2008.

“Kita bisa survive (bertahan), kita kembali survive bahkan membangun pondasi yang lebih kuat. Setiap kali ada episode sulit, kita kemudian bisa keluar dengan membangun pondasi lebih bagus,” tutur Sri Mulyani dalam pembukaan ekspo profesi keuangan 2020, Senin (12/10).

Memang, kata Ani, panggilan akrabnya, ada masa yang dirasa sangat sulit bagi Indonesia untuk tetap bisa bertahan.

Di awal kemerdekaan, ia mencontohkan Indonesia sudah dibebankan dengan utang pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Kemudian, di awal orde baru Indonesia juga mengalami hiper inflasi yang mencapai ratusan persen.

“Bayangkan dari mulai kemerdekaan, belum punya apa-apa, belum tahu republik bentuknya apa, kita sudah punya utang warisan kolonial. Kemudian Orde Baru, terjadi inflasi yang tinggi. Itu kita membayangkan bagaimana menstabilkan inflasi yang waktu itu mendekati 700 persen untuk kembali lagi menjadi single digit,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *