Ma’ruf soal Mempertahankan Bisnis di Era Covid-19: Inovasi (test post)

Jakarta, CNN Indonesia — Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai inovasi jadi kunci utama dalam menjalankan bisnis di tengah pandemi covid-19. Bahkan, ia menyebut inovasi lebih penting ketimbang sumber daya lainnya yang bisa saja habis di masa yang akan datang.

Ambil contoh, perusahaan teknologi Apple yang tetap kokoh bertahan. Valuasi perusahaan yang berbasis di California, AS, itu bahkan mencapai US$2 triliun per Agustus 2020. Valuasi tersebut naik dua kali lipat dibandingkan dua tahun lalu.

“Hanya butuh dua tahun bagi Apple melipatgandakan valuasi,” ucap Ma’ruf dalam acara Hari Lahir ke-9 Himpunan Pengusaha Nahdliyin secara virtual, Jumat (9/10).

Maruf bilang valuasi Apple bahkan telah melampaui produk domestik bruto (PDB) Kanada, Brasil, Korea Selatan, Spanyol, Belanda, Turki, Taiwan, Swiss, termasuk Norwegia.

“Nilai ekonomi Apple lebih besar dari negara-negara tersebut,” imbuh Ma’ruf.

Sementara, valuasi perusahaan minyak kelas kakap Saudi Aramco justru turun di tengah krisis kesehatan yang menekan ekonomi seluruh negara di dunia. Valuasi perusahaan pada tahun lalu telah menyentuh US$2 triliun.

Valuasi Saudi Aramco turun seiring dengan merosotnya harga minyak mentah dunia. Situasi ini berbanding terbalik dengan Apple yang semakin perkasa pada 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *